Minggu, 24 Januari 2016

7 Khasiat Air Kelapa


  Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati karena rasanya yang segar dan manis. Selain mudah dijumpai, dibalik segarnya buah kelapa ternyata juga menyimpan khasiat yang sangat penting bagi tubuh. Selain untuk menghilangkan dahaga, air kelapa juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat air kelapa yang dikutip dari Deusche Welle.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah, jadi tidak perlu takut mengkonsumsi air kelapa dalam jumlah banyak. Selain itu, air kelapa juga bisa mengurangi rasa lapar dan cepat membuat anda merasa kenyang.

Kaya Nutrisi
Tidak seperti minuman isotonik industrial yang dijual di pasaran, air kelapa adalah minuman alami yang mengandung lima elektrolit penting yang ada dalam tubuh manusia. Seperti kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan sodium. Karena komposisinya yang unik, air kelapa bisa dinikmati oleh individu dengan kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

Membantu Proses Pencernaan
Jika anda bermasalah dengan sistem pencernaan, air kelapa bisa membantu, karena kandungan serat yang tinggi, air kelapa juga turut mengurangi gejala refluks asam lambung.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi yang secara rutin mengkonsumsi air kelapa turun hingga 71%. Dibandingkan dengan minuman isotonik, air kelapa lebih kaya unsur kalium daripada sodium. Asupan unsur sodium harus dibatasi karena bisa menyebabkan hipertensi.

Minuman Hidrasi
Air kelapa lebih efektif menghidrasi tubuh manusia dibanding minuman energi yang dijual di pasaran. Setelah berolahraga, tubuh kehilangan cairan yang kaya mineral. Air kelapa adalah pengganti yang ideal, karena mengandung 294 mg potasium dan 5 mg gula alami per gelasnya. Sementara “sport drink” hanya mengandung setengah dari potasium dan lima kali jumlah gula.

Seperti Darah Manusia
Sifat air kelapa isotonik sama dengan plasma darah manusia. Dalam kondisi darurat, air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti plasma. Di negara-negara miskin, air kelapa dimanfaatkan untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Kulit Mulus
Bagi anda yang bermasalah dengan kulit, seperti jerawat, air kelapa bisa membersihkan kulit secara maksimal dan membuat kulit lebih mulus. Air kelapa juga melembabkan kulit dari dalam jika anda meminumnya  dan mampu mengeliminasi minyak dalam jumlah besar. Ini penjelasan mengapa ada banyak produk kosmetik yang mengandung ekstrak air kelapa.


Sumber : arrahmah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar