Minggu, 19 Oktober 2014

Jenis Sayur dan Buah Yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

1. Wortel
    Apabila tekanan darah anda sudah mengakibatkan permasalahan pada jantung, maka perbanyaklah mengonsumsi wortel. Ini dikarenakan wortel banyak mengandung beta-karoten serta kalium yang dapat memberikan manfaat terhadap fungsi ginjal dan membantu mengendalikan denyut jantung. Mengonsumsi sayuran berwarna oranye ini secara rutin diyakini dapat mengontrol tekanan darah anda.

2. Seledri
    Selain mengandung kalium, seledri juga mengandung phthalide, yakni suatu senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan dinding arteri. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi hormon stres yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga bisa membantu mengelola tekanan darah saat sedang tinggi.

3. Bayam
    Bayam adalah salah satu sayuran yang sering kita jumpai. Kandungan gizi dan nutrisinya memberikan manfaat bagi kesehatan. Magnesium yang terkandung di dalamnya dinilai dapat mengontrol dan bahkan menurunkan tekanan darah saat sedang tinggi. Apabila dikonsumsi secara rutin, bayam dapat membantu menjaga pembuluh arteri dan meningkatkan aliran darah. Pada akhirnya, bayam diyakini dapat membantu mengatur dan mengelola hipertensi seseorang.

4. Pisang
    Pisang yang biasa kita makan sebagai pencuci mulut setelah makan merupakan buah yang dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium yang merupakan nutrien penting pengatur tekanan darah.

5. Stroberi
    Stroberi mengandung senyawa alami yang disebut anthocyanin yang membantu mencegah tekanan darah tinggi.

6. Kiwi
    Buah kiwi yang bentuk luarnya mirip buah sawo ini juga salah satu buah yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah. Selain kaya potassium, kiwi juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut lutein yang juga berperan mengendalikan tekanan darah.

7. Jeruk
    Jeruk terkenal sebagai penyedia vitamin C. Jeruk juga kaya akan potassium dan pectin buah yang mengatur tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

8. Tomat
    Tomat kaya akan antioksidan lycopene yang diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

9. Anggur
    Anggur menyediakan vitamin C, pectin, asam folat, dan lycopene, yang semuanya menyehatkan pembuluh darah dan membantu membuang kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari pembuluh arteri.

10. Aprikot
    Buah aprikot kaya serat pangan dan potassium yang sangat berguna bagi tubuh antara lain membantu mengendalikan tekanan darah.

11. Melon Kantalop
    Melon Kantalop kaya potassium dan beta-karoten yang membantu menyehatkan sistem sirkulasi darah.

12. Alpukat
    Alpukat mengandung potassium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Alpukat juga  mengandung asam oleat dan beta-sitosterol yang dikenal berperan menurunkan kadar kolesterol darah.

13. Apel
    Selain mengandung potassium yang membantu mengontrol tekanan darah, apel juga mengandung pectin, suatu serat alami yang membantu mengikat kolesterol dan toksin dalam darah.

Sumber : http://www.vistabunda.com dan http://www.artikelkesehatan99.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar