Ada tiga hal yang penting di mata para konsumen; harga, kualitas, dan
kecepatan. Semakin tingginya persaingan di masa sekarang ini, mau tidak
mau, membuat para produsen atau penyedia jasa harus mampu memberikan
ketiga hal tersebut kepada para konsumen. Berikut adalah tips yang bisa
Anda ikuti untuk bisa memenuhi keinginan konsumen dan unggul dalam
persaingan:
Baik dalam segalanya, hebat dalam satu hal
Konsumen mengharapkan bisnis Anda bisa menawarkan kualitas terbaik,
dengan harga murah, dan servis yang tepat waktu. Namun, para konsumen
tidak mengharapkan bisnis Anda hebat dalam ketiga aspek yang disebutkan
di atas tadi. Yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu rating bisnis
Anda dari segi harga, kualitas, dan servis. Carilah orang yang bisa
memberikan penilaian obyektif. Pastikan performa perusahaan Anda lebih
baik dari kompetitor Anda dalam 1 hal, dan cukup bisa bersaing untuk 2
hal lainnya.
Perkuat posisi Anda
Pelanggan akan memilih pelayanan yang baik, produk, makanan, atau apa
pun yang ingin mereka dapatkan dari uang yang mereka keluarkan
berdasarkan kelebihan yang ditawarkan perusahaan. Jika mereka tak yakin
apa kelebihan perusahaan Anda, mereka akan lebih memilih perusahaan
kompetitor yang sudah jelas kelebihannya, dan bisa memberikan apa yang
mereka cari. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah menentukan,
menambahkan, dan mempromosikan kelebihan Anda. Jika Anda memiliki harga
yang cenderung lebih murah ketimbang pesaing Anda, pastikan Anda
memiliki tim yang selalu memantau harga si pesaing agar bisa memastikan
bahwa harga Anda adalah yang terbaik. Jangan lupa mempromosikan harga
bersaing Anda tersebut untuk membantu penjualan.
Namun jika perusahaan Anda lebih baik ketimbang perusahaan pesaing,
pastikan hal itu benar-benar terjadi. Misal, jika perusahaan Anda mampu
menyelesaikan order tepat waktu dan dalam keadaan baik, maka jagalah
brand positioning tersebut. Promosikan, bahwa perusahaan Anda adalah
salah satu yang menjaga efisiensi kerja dan waktu. Jika kualitas adalah
keutamaan Anda, baik dalam hal produk, servis, keahlian, kenyamanan, dan
setting bisnis, atau reputasi keseluruhan, maka pertahankan kelebihan
Anda tersebut dengan terus-menerus memperbaiki produk atau jasa Anda.
Hadapi kelemahan Anda
Untuk menumbuhkan bisnis, Anda harus bisa menarik para calon pelanggan
yang menganggap bahwa Anda tidak memberikan apa yang mereka butuhkan,
dan menawarkan nilai tambahnya. Pelajari alasan mengapa para calon
pelanggan ini tidak memilih perusahaan Anda. Pikirkan mengapa mereka
berpikir bahwa perusahaan Anda tidak bisa memberikan apa yang mereka
inginkan? Jika impresi mereka salah, bantu para calon pelanggan Anda
untuk memandang dengan cara berbeda. Jika mereka benar, tambahkan
penawaran menarik agar mereka mau berbisnis dengan Anda.
Lakukan sekarang
Jika perusahaan besar bisa menyesuaikan organisasi besar mereka untuk
memenuhi keinginan pasar yang menginginkan segalanya, perusahaan kecil
Anda pun pasti bisa melakukannya juga. Lakukan sekarang juga!
Sumber : http://artikelbisnispemula.blogspot.com/2009/11/3-keinginan-konsumen.html#more
Tidak ada komentar:
Posting Komentar