Senin, 17 Desember 2012

Manfaat Menjadi Vegetarian

1. Bebas Kanker
Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan, pemakan daging memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker daripada vegetarian. Para ahli menyimpulkan bahwa produk-produk tumbuhan seperti sayur dan buah memiliki banyak zat kimia penting yang berfungsi menekan resiko kanker, misalnya zat antioksidan dan beberapa zat fitokimia.
Sedangkan produk daging yang kurang baik yang berasal dari sapi atau kerbau yang tidak sehat, hanya akan menularkan penyakit yang sama ke tubuh manusia. Bakteria sangat cepat berkembang didalam tubuh yang penuh dengan daging dari hewan tersebut. Sangat dianjurkan untuk menjadi seorang vegetarian kalau telah mengalami berbagai penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup.

2. Bebas Penyakit Kolesterol
Kolesterol jahat yang berasal dari daging akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol ini berbahaya karena bisa menyumbat aliran darah ke jantung. Ketika aliran darah berhenti, itu artinya serangan jantung telah datang. Tidak jarang orang yang terkena serangan jantung itu langsung koma hanya dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan kematian bisa terjadi dalam wakyu yang sangat cepat.

3. Mencegah Obesitas
Manfaat yang lain adalah menjaga kelangsingan tubuh. Kegemukan adalah salah satu problem kesehatan. Dengan tubuh yang mengalami obesitas, tubuh akan mudah terserang penyakit berbahaya seperti diabetes atau jantung koroner.

4. Bebas Gangguan Menopause
Salah satu manfaat menjadi vegetarian adalah meminimalisir segala gangguan menjelang menopause yang umum terjadi pada wanita. Saat akan mengalami menopause, hormon estrogen wanita akan turun dan menyebabkan sederet gangguan, baik fisik maupun mental. Misalnya tubuh terasa sakit, tidak nyaman, emosi tidak terkendali, dll.
Semua gangguan tersebut bisa cukup diredam dengan mengkonsumsi jenis-jenis sayuran atau buah tertentu. Contohnya kedelai yang sangat kaya akan fitoestrogen, yaitu zat yang memiliki karakteristik sangat mirip dengan estrogen.

5. Tidak Tertular Penyakit Hewan atau Keracunan
Beberapa produk makanan hewani bisa tercemar penyakit tertentu, seperti sapi gila atau flu burung. Beberapa bakteri merugikan bahkan bisa ditularkan pada manusia lewat hewan, misalnya salmonella atau kampilobakter yang ditularkan lewat ayam. Produk ikan pun bisa memiliki beberapa efek buruk pada kesehatan karena mengandung logam berat seperti merkuri yang bisa menyebabkan pencemaran dalam tubuh.

Sumber : www.anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar