Ada berbagai cara yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan.
Tentunya, peningkatan penjualan tidak dapat dipisahkan dari peran staf
penjualan dan pelanggan Anda. Berikut ini, kami beberkan beberapa tips
yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan Anda:
Adakan Progam Insentif PenjualanJangan
harapkan sebuah angka penjualan yang terus menanjak dengan staf
penjualan yang kurang termotivasi. Berikan mereka rangsangan yang kuat
agar mau bekerja hingga sekeras mungkin. Untuk itu diperlukan adanya
sebuah pemberian insentif bagi para pegawai yang menjadi ujung tombak
dalam kegiatan penjualan. Beritahukan kepada mereka bahwa mereka akan
mendapatkan sebuah imbalan yang konkret (berupa perjalanan ke luar
negeri atau hadiah perhiasan, dan sejenisnya ) jika mereka berhasil
mencapai angka penjualan yang sudah Anda tetapkan.
Dorong Staf Penjualan untuk Melakukan UpsellingPada
dasarnya, upselling adalah menjual sebuah barang/ jasa disertai dengan
produk yang relevan dengan tujuan memungkinkan pelanggan menggunakan
produk/ jasa yang utama dengan lebih nyaman dan optimal. Yakinkan
pelanggan tentang manfaat yang bisa didapat dengan memiliki produk
tambahan tersebut. Misalnya jika Anda menjual komputer, Anda bisa
menawarkan juga produk lain yang relevan yaitu screen protector. Anda
bisa meyakinkan pelanggan dengan berargumen bahwa pelindung layar
komputer tersebut bisa membuat permukaan menjadi lebih mudah dibersihkan
dan tahan lama.
Berikan Sedikit "Bocoran"Berikan
informasi kepada pelanggan yang membuat mereka akan kembali di masa
datang meskipun sekarang mereka belum membeli apapun. Contohnya Anda
dapat mengatakan kepada seseorang yang terlihat ragu untuk membeli
produk Anda. Beritahukan pada mereka akan ada diskon besar minggu atau
bulan depan sehingga mereka bisa membeli saat mereka sudah yakin dan
benar-benar memiliki uang. Dan biasanya pelanggan yang kembali tidak
hanya datang bersama uang tetapi juga orang-orang terdekat mereka yang
ingin membeli produk/ jasa Anda.
Perlakukan Pelanggan Setia dengan Lebih BaikSiapa
pun manusia itu, pastinya ingin diperlakukan secara istimewa. Begitu
juga dengan pelanggan Anda. Jangan sekali-kali memperlakukan pelanggan
(apalagi pelanggan yang sudah terbukti kesetiaannya) dengan buruk.
Berikan perlakuan istimewa sebagai bukti nyata penghargaan Anda kepada
mereka yang loyal.
Adakan Sebuah Progam Hadiah bagi PelangganKita
semua sudah tahu seperti apa program hadiah bagi pelanggan. Program ini
bisa berwujud potongan harga bagi produk-produk tertentu, potongan
harga untuk pelanggan yang sedang merayakan hari ulang tahunnya,
Bagikan Sampel Gratis ke PelangganMemberikan
sampel produk secara cuma-cuma terbukti bisa memberikan kontribusi pada
peningkatan jumlah penjualan. Sampel bisa memancing keingintahuan
konsumen dan jika memang mereka menyukai produk tersebut, mereka akan
berusaha untuk membelinya.
Fokus pada Keinginan PelangganFokuslah
terhadap apa yang diinginkan pelanggan Anda. Bila Anda berhasil membuat
pelanggan merasakan sensasi kepuasan tersendiri setelah mereka
menggunakan produk Anda, baru Anda bisa mengklaim bahwa Anda mengerti
kebutuhan mereka. Begitu juga saat menciptakan halaman situs web Anda,
surat penawaran, dan sebagainya yang berkaitan dengan penjualan,
tekankan kepada perasaan/ emosi yang akan mereka dapatkan setelah
menggunakan produk Anda. Menerangkan apa produk Anda dan bagaimana
produk itu bekerja akan terdengar membosankan bagi mereka.
Tetap Jalin Komunikasi dengan Kenalan yang Belum Menjadi PelangganSebagian
besar orang yang ditawari biasanya tidak membeli di saat pertama kali
mereka ditawari. Jadi jangan menyerah untuk terus mengirimkan email
penawaran, newsletter, atau informasi terkini mengenai penyempurnaan
produk.
Berikan Kesempatan Bertanya Bagi Calon PelangganSebuah
pertanyaan menandakan ketertarikan seseorang terhadap produk/ jasa yang
ditawarkan. Jangan sia-siakan peluang ini dengan memberikan jawaban
yang kurang memuaskan. Teristimewa dalam pertemuan tatap muka, Anda bisa
memberikan waktu bagi calon pembeli untuk bertanya. Masukkan juga
halaman berisi daftar pertanyaan yang sering ditanyakan dan relevan
dengan topik. diikuti dengan jawabannya. Dengan demikian, Anda tidak
perlu menjelaskannya satu persatu.
Buat Proses Membeli Menjadi Semudah MungkinPernahkah
Anda menunda pembelian bukan karena barangnya kurang menarik atau
harganya terasa mahal, tetapi hanya karena prosedur pembeliannya yang
berbelit-belit? Berikanlah berbagai alternatif populer dalam melakukan
pembelian sehingga calon pembeli tidak mengalami kesulitan dalam
melakukan pembayaran. Jangan minta terlalu banyak informasi yang
sebenarnya kurang perlu karena pelanggan justru akan merasa risih dan
segan untuk membeli. Ucapkan “terimakasih banyak” setelah pelanggan
melakukan pembelian lalu jika memang Anda ingin informasi, mintalah
setelahnya dalam bentuk yang ringkas.
Singkirkan Pelanggan ParasitCara
satu ini mungkin terdengar agak kontroversial, tetapi akan terbukti
ampuh dalam meningkatkan penjualan Anda. Perlu diketahui bahwa tidak
semua pelanggan itu menguntungkan. Beberapa bahkan membuat Anda merugi
dalam jangka waktu lama. Itulah mengapa mereka disebut pelanggan
parasit. Alih-alih memberikan keuntungan bagi Anda, pelanggan jenis ini
cuma bisa menyusahkan dan menghabiskan waktu, biaya dan tenaga Anda.
Jika Anda tidak yakin tentang pelanggan mana yang tergolong parasit
dalam bisnis Anda, gunakan program siftware manajemen pelanggan (seperti
Prophet). Sebuah sistem software yang baik akan bisa mendeteksi pembeli
mana yang harus disingkirkan sebelum mereka membawa perusahaan Anda ke
kehancuran.
Tetapkan Kelompok Pelanggan Mana yang Paling MenguntungkanSebagai kebalikan cara sebelumnya, Anda harus mempertahankan para pelanggan yang membuat Anda semakin beruntung.
Gunakan teknik penjualan lain yang efektif* Buat headline menarik untuk tulisan Anda.
* Tulis salinan iklan anda hingga bernilai jual tinggi.
* Masukkan himbauan bagi pelanggan untuk melakukan tindakan.
* Berikan tawaran yang menarik.
Sumber : http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/14701-13-cara-meningkatkan-penjualan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar